Minggu, 29 April 2012

Siapa yang Punya? (Refreshing dulu Bro)



Apakah kamu pernah menjadi tutor adik-adik kelasmu, atau adik-adik tingkat di organisasimu? Atau kamu sekarang sedang menjadi tutor?

Tutor berarti orang yang memberi pelajaran ekstra kepada sekelompok kecil orang di luar sekolah. Di organisasi-organisasi sekolah istilah ini biasa digunakan untuk para senior yang melatih adik-adik juniornya. Istilah-istilah sama untuk subjek ini seperti instruktur, pelatih, amang (di pesantren) atau senior.

Berikut aku bagi salah satu trik, yang mungkin menarik untuk dipraktekkan saat latihan atau sekedar melepas rasa jenuh saat melakukan aktivitas organisasi. Judulnya ialah “Siapa yang Punya?” dan game ini merupakan modifikasi sederhana dari matematika. Konsepnya, kau berdiri seperti seorang pesulap di depan kelas. Dan di akhir pertunjukkan kau mendapat applause dari adik-adikmu. Oke, kita langsung ke TKP.

Trik pintar ini membutuhkan tiga benda kecil yang dapat dimasukkan ke dalam saku, misalnya pensil, kunci dan hp. Di samping itu, siapkanlah sebuah piring dengan 24 butir kacang (atau korek api) di atas meja.

Setelah itu mintalah masing-masing dari tiga adik-adikmu untuk memasukkan salah satu dari benda itu ke dalam sakunya masing-masing. Mereka melakukannya tanpa sepengetahuanmu (kamu berada di luar kelas atau berdiri membelakangi mereka setelah menginstruksikan itu), dan setelah mereka selesai, kamu masuk ke kelas lagi (atau tinggal membalikkan badan) dan kamu dapat menerka masing-masing benda yang ada di masing-masing saku adikmu tanpa melihatnya.

Langkah penerkaannya adalah: setelah adik-adikmu (yang dijadikan kelinci pertunjukkan, hehe) menyembunyikan bendanya, mintalah pada mereka untuk memperhatikan beberapa kacang (atau korek api). Kemudian kamu memberi satu kacang pada orang pertama, dua pada yang kedua dan tiga pada yang ketiga. Lalu kamu membalikkan badanmu lagi (dengan membelakangi mereka). Sekarang beritahukanlah bahwa adik-adikmu itu harus mengambil beberapa kacang lagi dengan uraian sebagai berikut,

Yang memiliki pensil harus mengambil kacang sebanyak yang diterimanya pertama (darimu)
Yang memiliki kunci dua kali dari yang telah diterimanya
Yang memiliki hp empat kali dari yang diterimanya tadi

Sisanya, kamu beritahukan juga, agar tetap pada piring.

Lalu, instruksikkan kalau mereka sudah selesai agar memberitahukan kepadamu. Lalu kamu membalikkan badanmu lagi dan kemudian menyatakan masing-masing benda yang ada di masing-masing saku adikumu tanpa melihatnya.

Trik ini nampaknya akan mempesonakan karena kamu melakukannya solo tanpa asisten. Tak ada sesuatu yang janggal dalam teka-teki ini, semuanya didasarkan pada perhitungan. Tebakan kamu berdasarkan jumlah kacang  yang tersisa di piring. Kamu akan menghitungnya seketika karena tak banyak jumlahnya (satu hingga tujuh kacang saja).

Bagaimana kamu mengetahui siapa memiliki apa?

Mudah saja. Setiap distribusi tiga benda yang berbeda akan menyebabkan jumlah kacang yang berbeda pula pada piring.

Kita sebut saja tiga teman kamu itu Adul, Jaka dan Odoy atau A, J dan O. Tiga bendanya adalah sebagai berikut: pensil (p), kunci (k) dan hp (h). kemungkinan distribusi (penyebaran) tiga benda itu hanya ada 6 cara :

Adul (A)
Jaka (J)
Odoy (O)
p
k
h
p
h
k
k
p
h
k
h
p
h
p
k
h
k
p

Marilah kita melihat berapa banyak kacang yang tertinggal pada masing-masing kombinasinya:

AJO
Jumlah kacang yang diambil
Total
Sisa
pkh
1+1=2; 2+4=6; 3+12=15
23
1
phk
1+1=2; 2+8=10; 3+6=9
21
3
kph
1+2=3; 2+2=4; 3+12=15
22
2
khp
1+2=3; 2+8=10; 3+3=6
19
5
hpk
1+4=5; 2+2=4; 3+6=9
18
6
hkp
1+4=5, 2+4=6; 3+4=6
17
7

Kamu dapat melihat bahwa sisanya pada setiap kombinasi selalu berbeda. Dengan mengetahui sisa tersebut, kita akan dengan mudah menentukan      SIAPA punya APA.

Sementara kamu membalikkan badanmu untuk yang ketiga kalinya, lihatlah catatan tabel di atas. Andaikan ada 5 kacang yang tersisa maka kombinasinya adalah:

Adul memiliki kunci
Jaka memiliki hp
Odoy memiliki pisau

Jika kamu ingin berhasil baik melakukannya. Kamu harus mengingat berapa banyak kacang yang kamu berikan pada masing-masing dari tiga adikmu itu.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar